Konsolidasi Level Harga Emas (XAU/USD)

Aksi jual Dolar AS mungkin menopang harga emas, tetapi dengan imbal hasil riil AS yang meningkat pesat menghadirkan hambatan yang berkelanjutan

Konsolidasi Level Harga Emas (XAU/USD)

PROSPEK HARGA EMAS:
Meskipun ada beberapa volatilitas, harga emas cukup stabil sepanjang Juni, setelah diperdagangkan mendekati 1848 selama 12 dari 14 hari bulan ini.
Melemahnya Dolar AS mungkin membantu menopang harga emas, tetapi imbal hasil riil AS yang meningkat pesat menghadirkan hambatan yang berkelanjutan.
Menurut Indeks Sentimen Klien IG, harga emas memiliki bias beragam dalam waktu dekat.

BANYAK BERGEJOLAK, TAPI SEDIKIT KEMAJUAN
Harga emas telah rebound tajam dari posisi terendah bulanan yang ditetapkan dua hari lalu di dekat tahun 1805, kembali ke area sekitar tahun 1850 – area yang familiar di mana harga emas telah naik sejak pertengahan Mei. Faktanya, selama 12 dari 14 sesi perdagangan di bulan Juni sejauh ini, harga emas telah menyentuh 1.848 di beberapa titik selama hari-hari itu.

Aksi jual Dolar AS mungkin menopang harga emas, tetapi dengan imbal hasil riil AS – Treasury nominal menghasilkan ekspektasi inflasi yang lebih rendah – naik lebih tinggi, masih ada pertanyaan mengenai kemampuan emas untuk mempertahankan pergerakan signifikan ke sisi atas.

Dengan demikian, perspektif yang disebutkan di atas tidak berubah, sejauh “secara fundamental, tidak ada yang berubah secara material…alasan utama untuk tidak memiliki perspektif bullish jangka panjang – kenaikan imbal hasil riil AS – tetap valid. Setiap reli jangka pendek oleh harga emas mempertahankan pola pikir 'jual reli', terutama karena harga emas tidak memiliki kecenderungan musiman bullish di bulan Juni."

VOLATILITASA EMAS PASANG SURUT
Secara historis, harga emas memiliki hubungan dengan volatilitas tidak seperti kelas aset lainnya. Sementara kelas aset lain seperti obligasi dan saham tidak menyukai peningkatan volatilitas – menandakan ketidakpastian yang lebih besar seputar arus kas, dividen, pembayaran kupon, dll. – emas cenderung menguntungkan selama periode volatilitas yang lebih tinggi. Lonjakan volatilitas emas selama seminggu terakhir belum tentu membantu atau melukai harga emas, tetapi korelasinya tetap lemah.

ANALISIS TEKNIS GVZ (GOLD VOLATILITY): DAILY PRICE CHART (JUNE 2021 TO JUNE 2022) (CHART 1)

Volatilitas emas (sebagaimana diukur dengan volatilitas emas Cboe ETF, GVZ, yang melacak volatilitas tersirat 1 bulan emas yang berasal dari rantai opsi GLD) diperdagangkan pada 20,25 pada saat laporan ini ditulis. Korelasi 5 hari antara GVZ dan harga emas adalah -0,78 sedangkan korelasi 20 hari adalah -0,60. Satu minggu yang lalu, pada tanggal 9 Juni, korelasi 5 hari adalah -0,88 dan korelasi 20 hari adalah -0,74.

ANALISIS TEKNIS TINGKAT HARGA EMAS: DAILY CHART (JUNE 2021 TO JUNE 2022) (CHART 2)

Pekan lalu tercatat bahwa "tidak ada cukup bukti teknis untuk berpikir bahwa yang terburuk sudah berakhir untuk harga emas." Harga emas mencapai terendah baru bulanan dua hari lalu sebelum rebound kembali di atas retracement Fibonacci 23,6% dari kisaran terendah 2015/2020 di 1832,48. Momentum terkoreksi dari kemiringan bearishnya, tetapi belum sepenuhnya bullish. Harga emas berada di atas amplop EMA harian mereka, yang masih selaras dalam urutan bearish. MACD harian naik, tetapi tetap di bawah garis sinyalnya. Stochastics Harian Lambat sudah mulai keluar dari wilayah oversold, tetapi tetap di bawah garis median mereka.

Resistensi yang signifikan ada di sekitar tahun 1880, tetapi penembusan melalui sana akan membutuhkan pergeseran ke arah imbal hasil riil AS, yang sepertinya tidak akan terjadi dalam waktu dekat. Segitiga simetris yang terbentuk sejak akhir April tampaknya akan tetap di tempatnya sampai harga emas melakukan upaya penembusan sisi bawah yang berarti.

ANALISIS TEKNIS HARGA EMAS: WEEKLY CHART (OCTOBER 2015 TO APRIL 2022) (CHART 3)

Tidak ada yang berubah. “Kerangka waktu mingguan terus menunjukkan bahwa puncak ganda terbentuk untuk harga emas, dengan dua puncak diukir pada tertinggi Agustus 2020 dan Maret 2022. Sejak bearish outside engulfing bar pada jangka waktu mingguan di akhir April, harga emas belum mampu mempertahankan tawaran beli yang berarti."

PERKIRAAN HARGA EMAS (JUNE 16, 2022) 

Data pedagang retail menunjukkan 82,82% pedagang melakukan net-long dengan rasio pedagang long terhadap short pada 4,82 banding 1. Jumlah pedagang net-long 2,45% lebih rendah dari kemarin dan 2,27% lebih rendah dari minggu lalu, sedangkan jumlah pedagang net-short adalah 1,02% lebih rendah dari kemarin dan 12,65% lebih rendah dari minggu lalu.

Mengambil pandangan yang berlawanan dengan sentimen, dan fakta bahwa para pedagang melakukan net-long menunjukkan bahwa harga Emas dapat terus turun.

Positioning kurang net-long dari kemarin tetapi lebih net-long dari minggu lalu. Kombinasi sentimen saat ini dan perubahan terbaru memberi kita bias perdagangan Emas campuran lebih lanjut.

What's Your Reaction?

like

dislike

love

funny

angry

sad

wow